Meskipun berada di lahan sempit bukan berarti Anda tidak bisa menciptakan taman yang indah. Memang dalam konsep rumah minimalis, berbagai sudut ruangan memiliki ukuran mungil. Tak terkecuali sisa lahannya. Anda tetap bisa menciptakan suasana yang asri dan sejuk dengan taman mungil di belakang atau depan rumah. Yang terpenting adalah bagaimana penataan tamannya sehingga tetap enak dipandang meskipun berada di lahan yang terbatas. Maka dari itu Anda mesti tahu bagaimana cara membuat taman mungil ini di lahan sempit.

Sebagaimana menata ruangan sempit, Anda juga mesti menerapkan konsep tersebut pada area taman. Yakni dengan menempatkan tanaman, aneka perabot, hingga hiasan yang tidak terlalu berlebihan. Meskipun dalam kondisi ruangan terbuka, aneka tanaman dan perabot taman yang berlebihan akan menyebabkan tampilan ruang hijau ini tidak sedap dipandang dan terkesan sesak. Nah, berikut ini ulasan selengkapnya untuk tips membuat taman minimalis di lahan sempit.

Tips Membuat Taman Minimalis

  1. Tambahkan rumput

Rumput bermanfaat untuk menyamarkan halaman yang sempit. Halaman akan terasa lebih luas berkat gradasi warna yang diciptakan oleh tanaman mungil ini. Anda bisa memilih rumput Jepang yang akan menambah estetika taman. Ada pula jenis rumput gajah yang memiliki ukuran lebih besar namun tak kalah menariknya dibandingkan dengan rumput Jepang. Tanam rumput di seluruh halaman atau di beberapa sudut taman.

  1. Padukan dengan batuan alam

Agar taman mungil Anda tidak terasa monoton, Anda bisa memadukannya dengan batuan alam. Batuan alam akan membuat taman terlihat lebih indah. Elemen unsur alam pun akan terasa lengkap dengan material satu ini. Anda bisa mengaplikasikan batuan alam disekitar kolam atau area setapak di sekitar rumput.

  1. Pilih tanaman berukuran mungil

Pilih tanaman dengan ukuran mungil agar taman kecil Anda tidak terasa penuh. Konsep penataan seperti ini juga berlaku untuk area eksterior rumah Anda. Pilih juga dekorasi taman yang tidak terlalu berlebihan. Yang terpenting adalah konsep hijau sudah Anda dapatkan dari rumput. Tinggal menambahkan beberapa tanaman hias di berbagai sudut taman untuk memaksimalkan keindahannya.

  1. Pola horizontal-vertikal

Tata taman dengan gabungan pola horizontal-vertikal. Maksudnya adalah Anda bisa menata tanaman dengan susunan keatas. Sedangkan pola horizontal sendiri adalah pola menata aneka tanaman dengan susunan menderet. Pola-pola tersebut bisa Anda padukan untuk memaksimalkan estetika taman sehingga lebih sedap dipandang dan tidak membuat area taman terlihat sempit.

  1. Tambahkan kursi/bangku

Anda juga bisa menambahkan bangku atau kursi sebagai tempat duduk di taman. Tidak perlu yang berukuran besar. Ukuran kecil pun sudah cukup untuk menjadikan taman rumah Anda terlihat lebih menawan. Kursi atau bangku taman ini sangat cocok jika memiliki material kayu. Namun jika ingin memilih material dari besi pun tidak terlalu masalah.

Demikian beberapa tips mendesain taman minimalis di lahan sempit. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Follow my blog with Bloglovin

0/5 (0 Reviews)