Kamar tidur adalah tempat pribadi dalam suatu hunian yang biasanya digunakan sebagai tempat beristirahat, melepas lelah, dan kegiatan yang bersifat pribadi lainnya. Oleh karena itu, banyak orang yang rela untuk mengeluarkan biaya lebih untuk sebuah kamar tidur yang nyaman. Hal itu masuk akal karena tempat tersebut yang nantinya akan digunakannya sehari-hari. Salah satu bagian yang perlu diberi perhatian adalah plafon. Plafon berfungsi sebagai penutup rangka atap, peredam suara, meredam panas, dan lain-lain. Plafon yang desainnya menarik tentu memberi suasana tersendiri bagi pemakainya, karena saat berbaring tentu bagian atas yang akan terlihat. Kamar tidur bagus tidak harus menggunakan plafon yang mahal dan wah. Namun, plafon kamar tidur sederhana juga bisa memberikan kesan yang tidak kalah bagus jika mampu diolah dengan baik.

 

Rekomendasi Desain Plafon Kamar Tidur Sederhana

Banyaknya desain plafon kamar tidur yang menarik dan terus menerus bermunculan tidak lantas membuat orang-orang mengikutinya, ada juga orang-orang yang lebih menyukai desain plafon sederhana yang dinilai lebih simpel dan nyaman. Berikut beberapa rekomendasi plafon kamar tidur sederhana.

 

  1. Plafon Datar Konvensional

Plafon kamar tidur sederhana yang pertama adalah plafon datar. Desain plafon yang satu ini memang sudah banyak sekali diterapkan dimana-mana.  Plafon ini tidak memiliki banyak motif ini dan cenderung polos dan biasanya digunakan untuk mengakali ruangan yang tidak terlalu luas. Dengan menggunakan plafon ini, Anda bisa menciptakan suasana kamar tidur yang lebih luas. Ornamen-ornamen yang ditempatkan biasanya seperti lampu atau kipas angin.

 

  1. Plafon Baki

Penamaannya berdasarkan bentuknya yang memang mirip dengan baki. Plafon ini memiliki bagian tengah yang menjorok kedalam dibandingkan bagian lainnya. Bentuknya bisa bermacam-macam, tapi kebanyakan adalah bentuk persegi/persegi panjang. Plafon jenis dapat Anda percantik dengan mengecat bagian yang menjorok tadi dengan warna yang kontras. Hal itu untuk menegaskan/menonjolkan desain dari plafon tersebut.

 

  1. Plafon Tipe Grid

Plafon jenis ini memiliki bentukan berupa panel kotak-kotak yang terbuat dari bahan-bahan seperti kayu, gypsum, logam dan lain-lain. Plafon ini memiliki warna yang kontras antara bagian kotak-kotak yang menjorok ke dalam dengan bagian lainnya, namun ada juga menyamakan warna diantara dua bagian tersebut. Plafon seperti ini akan membuat kamar tidur Anda tetap terlihat sederhana tetapi terlihat lebih variatif.

 

  1. Plafon Rangka Terbuka

Plafon jenis ini memperlihatkan keseluruhan rangka atap mulai dari bagian siku sampai kuda-kuda, tanpa ada plafon yang menghalangi. Bahan yang cocok untuk plafon jenis adalah kayu, namun banyak juga yang menggunakan logam sebagai penggantinya. Dengan konsep ini, kamar tidur Anda akan memiliki suasana sederhana, tenang dan unik. Plafon jenis ini cocok dipadukan dengan penggunaan material kayu pada lantainya.

 

  1. Plafon Atap Miring

Plafon kamar tidur sederhana yang terakhir cocok bagi kamar tidur yang dekat dengan atap, dan hunian tersebut biasanya lebih dari 1 tingkat. Plafon seperti ini dirancang mengikuti kemiringan atap dan dibentuk untuk meminimumkan batas antara plafon dengan atap, sehingga kamar tidur Anda terkesan meninggi dan terlihat lebih luas. Plafon seperti ini bisa menjadi hal baru bagi Anda apabila bosan dengan tampilan plafon yang datar-datar saja.

 

Demikian ulasan mengenai plafon kamar tidur sederhana. Semoga dapat dijadikan referensi bagi Anda yang ingin membuat atau mendesain ulang plafon rumah Anda.

Pengunjung Juga Mencari:

  • plafon loteng kamar yg lg tren
0/5 (0 Reviews)