Rumah minimalis menjadi pilihan untuk tipe rumah saat ini. Alasannya adalah karena lahan yang ada saat ini kian sempit hingga harga properti yang kian melambung, terlebih di perkotaan. Tak heran jika rumah minimalis jadi opsi terbaik. Namun meski rumahnya model minimalis, tapi tetap bisa didesain sedemikian rupa sehingga tidak terlihat sempit. Anda bisa memberikan desain plafon minimalis yang keren sebagai pilihan sehingga memberikan kesan rumah yang luas dan lega.

 

Pilihan Desain Plafon Minimalis untuk Ruangan Sempit Terlihat Luas

Sebetulnya, plafon memiliki fungsi untuk menutup rangka atap. Awalnya plafon bukan bagian dari desain interior rumah dan kerap kali dibiarkan begitu saja. Namun seiring dengan perkembangan zaman, plafon pun juga menjadi sasaran desain modern saat ini. Hal ini karena plafon mampu memberikan nilai estetika tersendiri pada sebuah ruangan, terlebih di rumah minimalis. Berikut ini beberapa pilihan desain plafon minimalis yang bisa Anda terapkan di rumah:

 

  1. Plafon model panel cekung

Pesona ruangan dengan adanya plafon model panel cekung memang tidak pernah salah. Ya, plafon rumah panel cekung ini berbentuk persegi biasa, namun ditambahkan dengan memasangkan balok dekoratif berpola dan berukuran sama. Dengan adanya plafon minimalis seperti ini, maka dijamin ruangan di rumah akan terlihat lebih mempesona. Jika ingin menambah kesan, maka Anda bisa sesuaikan paduan warnanya dengan warna dinding atau warna perabotan di ruangan tersebut.

 

  1. Plafon dengan lampu drop

Jika Anda ingin memberikan kesan yang mewah pada ruangan minimalis Anda, maka memilih desain plafon minimalis dengan tambahan berupa lampu drop akan jadi hal tepat. Kombinasi plafon dengan tambahan berupa pencahayaan tepat akan menjadikan langit-langit rumah terlihat berbeda. Namun, yang perlu diperhatikan dari desain plafon dengan lampu drop ini adalah dari peletakan lampunya di pola tertentu dan padukan dengan model plafon yang Anda sukai. Untuk memberi kesan mewah, lampu yang dipasang pun tidak usah terlalu banyak.

 

  1. Plafon dengan pantulan cahaya

Pencahayaan memang kerapkali menjadi kunci plafon rumah terlihat lebih istimewa. Anda juga bisa menggunakan desain plafon biasa namun dengan trik pantulan cahaya yang tepat sehingga memberikan kesan ruangan di rumah terlihat lebih luas. Caranya adalah dengan penggunaan lampu LED dan diletakkan di celah tersembunyi di bagian plafon rumah. Ide ini akan memberikan tambahan dimensi pada plafon. Nantinya pantulan cahaya dari lampu  itu akan memberikan kesan visual yang berbeda pada ruangan keseluruhan. Teknik pemasangan lampunya wajib teliti dan cermat sehingga tampilannya pas.

 

  1. Plafon model geometris

Plafon model geometris bisa dipakai asalkan ruangan memiliki tepi yang pas. Untuk penataannya adalah dengan saling silang sehingga bisa memberikan pola unik dan berbeda. Untuk tata letaknya sendiri bisa disesuaikan dengan selera Anda. Jika ingin menambah kesan mewah, maka bisa juga dengan memasangkan lampu pada celah antar plafonnya. Plafon model geometris ini memberikan nilai artistik yang kian tinggi pada keseluruhan ruangan.

 

  1. Plafon kombinasi kayu

Kebanyakan rumah minimalis menghindari penggunaan kayu pada desain interior di rumah. Alasannya karena kayu dianggap kurang modern. Namun, jangan salah karena desain plafon dengan kombinasi kayu dengan jadi tren saat ini. Anda bisa membuatnya dengan keseluruhan kayu atau bahkan kombinasi dengan bahan lain sehingga terlihat modern.

 

Itulah beberapa desain pilihan plafon minimalis yang bisa Anda jadikan referensi. Sesuaikan dengan tema rumah dan juga anggaran Anda dalam pemilihannya.

0/5 (0 Reviews)