Kamar tidur mungkin menjadi salah satu ruangan terpenting dalam sebuah rumah. Di tempat inilah Anda beristirahat setelah lelah beraktivitas seharian. Kamar tidur menjadi tempat bagi seseorang untuk bersantai dan menenangkan diri dengan cara membaca buku, menonton tv, dan lain-lain. Oleh karena itu, kamar tidur perlu mendapatkan perhatian lebih dari Anda baik dari segi desain ataupun tata ruangnya. Salah satu elemen penting dari sebuah rumah adalah plafon. Plafon adalah langit-langit rumah yang berfungsi untuk menahan panas/dingin, meredam suara hujan, tempat melekatnya instalasi listrik dan lain-lain. Agar lebih artistik dan enak dipandang, sebaiknya Anda mendesain bagian yang satu ini. Jika Anda memiliki kamar tidur yang minimalis, sebaiknya Anda memikirkan desain plafon kamar tidur minimalis dengan baik.

 

Rekomendasi Desain Plafon Kamar Tidur Minimalis

Pada masa sekarang, begitu banyak orang-orang yang menyukai desain minimalis pada hunian mereka. Desain seperti ini banyak diaplikasikan pada ruangan seperti ruang keluarga, ruang tamu, dapur, bahkan kamar tidur. Pada kamar tidur minimalis, aspek yang dapat menjadi nilai tambah estetika salah satunya adalah desain plafon. Untuk menunjang konsep minimalis yang biasanya memiliki kesan unik dan enak dipandang, berikut rekomendasi desain plafon kamar tidur minimalis.

 

  1. Desain Natural

Plafon kamar tidur minimalis yang pertama bergaya natural. Gaya natural bisa dikombinasikan dengan bahan kayu. Warna natural pada kayu dapat memberikan kesan yang tenang dan damai. Untuk mempertegas kesan naturalnya, Anda bisa memadukannya dengan lantai yang berbahan kayu atau keramik dengan finishing kayu. Agar lebih dinamis, kayu pada plafon diberi warna lebih muda sedangkan pada lantai warnanya lebih gelap.

 

  1. Desain Industrial

Desain yang satu ini erat kaitannya dengan material-material seperti besi, pipa, beton, dan lain-lain. Warna yang digunakan biasanya hitam, putih, abu-abu, atau warna alami dari bahan tersebut. Contohnya Anda dapat menghiasi plafon putih kamar tidur Anda dengan pipa-pipa yang berwarna hitam. Desain industrial juga identik dengan plafon yang tinggi-tinggi. Desain plafon seperti ini akan menghasilkan suasana urban, tetapi tetap terlihat modern.

 

  1. Desain Motif Custom

Pada desain ini, Anda dapat mengkreasikan motif plafon sesuai keinginan Anda. Anda dapat menggunakan motif-motif seperti garis, ukiran sederhana, gelombang, bunga-bunga, dan lain-lain. Desain plafon seperti ini tentunya akan menimbulkan kesan yang berbeda tiap motifnya. Desain motif custom ini lebih baik Anda terapkan di kamar tidur Anda sendiri jika masih ragu untuk menerapkannya di ruang utama lainnya, yang biasanya akan banyak dilihat orang lain.

 

  1. Desain Plafon Transparan

Bagi Anda yang menyukai sesuatu yang unik dan jarang dilakukan orang lain, Anda dapat mencoba model plafon jenis ini. Jadi, kamar tidur Anda keseluruhan atapnya terbuka dan hanya meninggalkan penyangga-penyangga besi/kayu saja. Untuk keamanan, Anda juga harus menyiapkan penutup yang mudah untuk dibuka ataupun ditutup. Hal ini dilakukan agar saat siang hari, cahaya matahari tidak langsung masuk ke kamar tidur Anda. Sebaiknya Anda menerapkan desain seperti ini jika hunian Anda bertingkat lebih dari 1 ya.

 

  1. Desain Plafon Modern

Plafon kamar tidur minimalis yang terakhir adalah gaya modern. Desain plafon gaya ini akan menimbulkan suasana futuristik karena model dari plafon mengkombinasikan lampu-lampu LED yang menyatu dengan bagian plafon. Ditambah dengan corak-corak abstrak tentunya memperkuat suasana modernya.

 

Demikian artikel mengenai plafon kamar tidur minimalis. Semoga dapat Anda jadikan referensi untuk mendesain plafon kamar tidur Anda.

0/5 (0 Reviews)