Plafon merupakan sebuah pelindung yang biasa diletakkan di langit-langit rumah untuk memberikan kenyamanan pada penghuni rumah. Plafon dapat menjadikan suhu rumah tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin. Selain menggunakan kayu, trend plafon saat ini adalah dengan menggunakan gypsum. Sebuah papan gypsum ternyata mampu memenuhi desain plafon sebagai persyaratan arsitektur salah satunya adalah mendesain plafon gypsum kamar tidur yang menjadi pilihan banyak orang.

 

Beberapa Tips Mendesain Plafon Gypsum Kamar Tidur Anda

Gypsum merupakan salah satu material yang sudah tidak diragukan lagi manfaatnya. Selain kemudahan dalam instalasi, berbagai keunggulan dari material gypsum yaitu tahan lama, tahan panas dan juga memiliki harga yang terjangkau. Oleh karena itulah banyak orang yang memilih menggunakan gypsum untuk mendesain plafon kamar tidur mereka. Berikut ini beberapa tips dalam mendesain plafon gypsum kamar tidur Anda:

 

  1. Pilihlah gypsum dengan merk yang berkualitas

Agar plafon tahan lama, Anda perlu memilih merk gypsum yang memiliki kualitas terbaik. Untuk mendapatkannya, Anda dapat melakukan survei di berbagai toko material bangunan yang ada di sekitar Anda. Bandingkan pula kualitas gypsum dengan harganya. Pastikan Anda tidak mendapatkan gypsum dengan kualitas murahan. Anda dapat mengecek harga gypsum melalui internet atau dapat datang ke toko material agar dapat melihat secara langsung kualitas dan harganya.

 

  1. Pemilihan rangka plafon

Selain memilih merk gypsum yang berkualitas, Anda juga perlu memilih rangka plafon yang benar-benar kuat untuk plafon gypsum kamar tidur Anda agar tidak mudah runtuh. Rangka plafon ini memiliki fungsi untuk menopang plafon gypsum atau digunakan sebagai penyangga plafon. Untuk itu, hal ini sangat penting agar plafon Anda dapat terpasang secara rapi dengan penyangga yang kuat.

 

  1. Pemilihan warna cat plafon

Tips berikutnya adalah memilih warna cat plafon. Pemilihan warna cat plafon gypsum ini juga tidak kalah penting. Sebaiknya gunakan cat berwarna terang agar kamar tidur Anda terkesan lebih luas dan tinggi. Hindari memakai cat berwarna gelap karena warna gelap dapat memberi kesan ruangan Anda menjadi rendah dan sempit. Pemilihan cat ini sangat mempengaruhi kesan interior ruang tidur Anda.

 

  1. Pilihlan jasa aplikator gypsum profesional

Memilih aplikator untuk memasang plafon gypsum yang profesional juga sangat penting agar plafon gypsum kamar tidur Anda dapat terpasang secara rapi. Selain itu, aplikator plafon juga dapat memastikan bahwa bahan material plafon tersebut sudah baik dan kuat. Banyak keuntungan lain yang Anda dapatkan jika Anda menyewa aplikator plafon daripada jika Anda mengerjakan sendiri.

 

  1. Pilihlah desain plafon untuk setiap ruangan

Memilih desain tidak boleh Anda lupakan. Hal inilah yang akan memperindah pemasangan plafon Anda sehingga terlihat rapi dan elegan. Desain plafon untuk ruangan secara umum terbagi menjadi 3 yakni dome, suspensed dan chatedral. Dome merupakan desain plafon yang memberikan kesan luas, biasanya berbentuk seperti kubah. Suspensed merupakan desain plafon yang memiliki bentuk yang rata. Sedangkan chatedral merupakan desain plafon yang berbentuk segitiga mengikuti bentuk rangka atap rumah Anda sehingga terlihat lebih luas.

 

Beberapa tips di atas dapat menjadi pertimbangan Anda sebelum melakukan pemasangan plafon gypsum kamar tidur Anda. Selain menggunakan merk gypsum yang berkualitas, Anda juga perlu memperhatikan rangka plafon, cat warna plafon, desain plafon serta memilih aplikator plafon gypsum yang profesional agar plafon dapat terpasang secara rapi dan juga tahan lama.

Pengunjung Juga Mencari:

  • plafon kamar
  • desain plafon
  • plafon kamar gypsum ayah ibu