Tips Memilih Jasa Pengiriman Logistik Barang Kontraktor

Pada dasarnya, setiap pengusaha kontraktor maupun mereka yang bergerak pada bidang kontraktor membutuhkan pengiriman logisitik. Namun tidak semua penyedia layanan pengiriman logistik mengerjakan pekerjaannya dengan baik. Tidak jarang pula, mereka bermain curang seperti tidak bertanggung jawab saat adanya barang kontraktor yang dikirimkan.

Oleh karenanya, sebagai pemain kontraktor, kita harus lebih bijak dalam pemilihan jasa logistik tersebut. Hal tersebut bertujuan agar barang yang kita kirim dapat tetap utuh sampai ke tujuan. Karena kebanyakan pemain kontraktor, mereka bermain secara tidak sehat. Entah dari penyedia jasa kontraktornya atau bahkan pemilik projeknya.

jasa ekspedisi barang kontraktor

Pengalaman Buruk Menggunakan Jasa Pengiriman Yang Salah

Pernah sekali dalam kasus kami, salah satu pemilik projek tertipu sendiri dengan tim yang menangani pemilihan logistik. Padahal sebelumnya, kami telah merekomendasikan menggunakan jasa pengiriman yang kami percayai, namun mereka tetap ingin memilih menggunakan pengiriman logistik yang mereka pilih.

Hasilnya adalah, barang kontraktor interior dikirim via laut (karena beda provinsi). Saat barang telah sampai, barang yang tinggal disusun saja malah terjadi banyak kerusakan dikarenakan packaging nya yang tidak rapih. Selain itu, tim kami menanyakan apakah menggunakan asuransi? Setelah pemilik projek tersebut menanyakan pada timnya, ternyata tidak menggunakan asuransi.

Hal tersebut sangatlah fatal, karena barang logistik kontraktor interior sangatlah rentan bila pengiriman jarak jauh yang tidak disertai packaging dan penyusunan barang yang baik dari penyedia jasa pengiriman tersebut. Ia telah ditipu oleh tim yang menangani pengiriman tersebut karena mengambil uang untuk asuransi nya.

Berdasarkan hal tersebut, kami ingin berbagi tips pemilihan logistik kontraktor untuk Anda, silahkan untuk disimak. Berikut merupakan tipsnya :

 

Tips Memilih Pengiriman Logistik :

1. Gunakanlah Selalu Asuransi

Alasannya mudah saja, bila ada barang yang hilang maupun rusak. Kita dapat meminta ganti rugi pada penyedia jasa logistik yang terkait. Oleh karenanya, asuransi ini sangatlah penting untuk berjaga-jaga.

 

2. Selidiki, cek track record perusahaan

Pada tahapan ini, entah pemilik jasa kontraktor maupun pemilik projek yang menginginkan pemilihan layanan pengirimannya tersendiri, wajib untuk mengecek track record perusahaan seperti telah mengirimkan barang dari mana ke daerah mana? Apakah barangnya sampai dengan selamat? Apakah ada asuransi? dll. Cek semuanya hingga Anda merasa yakin bahwa mereka adalah penyedia jasa logistik yang tepat

 

3. Pilih Harga Yang Sesuai

Setelah melihat track record, opsi ini bergantung pada Anda, apakah ingin memilih harga yang murah atau mahal? Hal tersebut pun berpengaruh pada jalur pengiriman barang yang digunakan. Jika jaraknya jauh seperti beda provinsi dan Anda menginginkan barang cepat sampai, maka jalur udara (via pesawat) sangatlah direkomendasikan.

Begitu pun sebaliknya, jika kita ingin harga yang terjangkau, kita dapat menggunakan jalur alternatif laut. Pastikan pula penyedia jasa pengiriman sangat mengerti menggunakan jalur alternatif laut ini. Hal tersebut dikarenakan jalur alternatif laut memiliki jalan yang bergelombang, sehingga berpengaruh pula pada barang yang kita kirim. Pastikan Ia dapat melakukan packagin yang baik untuk jalur laut tersebut.

 

4. Pilihlah Ekspedisi pengiriman Spesialis Darat, laut maupun udara

Sesuai judulnya, kita harus menentukan jasa ekspedisi yang merupakan spesialis di bidangnya. Termasuk bidang darat, udara, maupun laut. Dikarenakan mereka telah paham jalur tersebut dengan baik dibanding yang menggunakan 3 jalur sekaligus.

 

5. Pastikan ulang (Verifikasi)

Tidak perlu terburu-buru, jika Anda hendak mengirim barang, pastikan kembali 4 poin di atas. Cek kembali asuransinya apakah digunakan atau tidak dan perjanjian seperti apa yang mereka janjikan jika barangnya tidak sampai dengan selamat jika kita telah menggunakan asuransi.

 

Tips Pemilihan Jalur Pengiriman Barang Kontraktor

Tips Memilih Jasa Pengiriman Logistik Via Darat

Untuk pengiriman logistik via darat, jika barang tidak terlalu banyak kita dapat menggunakan mobil kolbak. Jika barang yang dikirim besar dan banyak, kita dapat memilih mobil truck. Pastikan juga agar kondisi mobil untuk pengiriman tersebut dalam kondisi baik. Karena kondisi mobil yang baik dapat menunjang pula keselamatan berkendara sopirnya

Untuk penyedia jasa ekspedisi, Jika kondisi mobil sedang tidak baik dan mengalami penyok maupun lainnya, sebaiknya mobil tersebut diperbaiki dulu ke tempat body repair terlebih dahulu, agar dapat meyakinkan calon konsumen.

 

Tips Memilih Jasa Pengiriman Logistik Via Laut

Pada pemilihan jasa ini, Anda dapat memastikannya dengan bertanya-tanya dan lakukan verifikasi pada penyedia jasa pengiriman via laut. Jika penjelasan mereka dapat dipahami dan meyakinkan, maka Anda dapat menggunakan layanan mereka.

 

Tips Memilih Jasa Pengiriman Logistik Via Udara

Jika Anda menginginkan pengiriman via udara karena faktor lebih cepat pula, maka Anda dapat bertanya langsung kepada maskapai penerbangan yang ada. Silahkan untuk gunakan 5 tips sebelumnya karena hal tersebut sangatlah membantu Anda untuk memilih jasa logistik via udara yang cocok.

 

Itulah informasi mengenai tips pemilihan jasa ekspedisi / logistik barang kontraktor dari kami, tips tersebut dapat berguna untuk Anda pemilik jasa kontraktor, pemilik project maupun jasa ekspedisi yang bersangkutan. semoga bermanfaat.

Pengunjung Juga Mencari:

  • desain cat dinding kamar tidur warna warni
  • Cat penghias kamar garis garis
0/5 (0 Reviews)