Sebagaimana diketahui bahwa kamar tidur merupakan bagian inti dari sebuah rumah, tentunya penting untuk memilih dekorasi kamar tidur yang indah dan menarik. Tidak terkecuali bagi orang-orang yang super sibuk dalam menjalani aktivitas dan rutinitas hingga sering kali merasa kurangnya waktu beristirahat. Maka gunakanlah waktu yang ada semaksimal mungkin agar memperoleh kualitas tidur yang baik. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan mendesain kamar tidur senyaman mungkin. Bagi Anda yang sedang mencari inovasi tentang cara mendesain kamar tidur, berikut adalah beberapa tips yang dapat dicoba.

 

Cara Mendesain Kamar Tidur Yang Inovatif

Dalam mendesain kamar tidur memang tidak mudah untuk memperoleh hasil yang sempurna. Butuh tenaga ahli yang benar-benar profesional,namun bukan tidak mungkin jika Anda ingin melakukannya sendiri pada ruangan privasi ini. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam tata cara mendesain kamar tidur.

 

  1. Warna inti atau tema

Untuk memilih warna tema yang akan diaplikasikan dalam ruang privat, ada baiknya jika menggunakan beberapa warna sebagai kombinasi. Anda juga perlu mempertimbangkan aspek-aspek warna monokrom guna memberikan kesan hangat dan lebih santai. Jangan ragu untuk menggunakan warna favorit sebagai tema, karena akan terasa lebih nyaman dengan menggunakan warna kesayangan.

  1. Lantai

Ada beberapa pilihan jenis lantai yang dapat dikenakan, seperti lantai yang berbahan kayu, batu, atau ubin. Setiap jenis material mempunyai kelebihan dan kelemahan sendiri. Sebagai contoh saja, jika menggunakan lantai dari ubin, akan lebih leluasa dalam memilih warna dan corak. Anda juga dapat menambahkan karpet agar terhindar dari sensasi dingin saat kaki berpijak di lantai pada pagi hari. Bagi penikmat suasana klasik, dapat pula menggunakan lantai berbahan kayu dengan warna dan corak alami.

  1. Dinding

Cara mendesain kamar tidur yang lain adalah dengan memberikan hiasan pada dinding kamar. Tak perlu bingung dalam memilih warna cat, karena ada baiknya jika menggunakan warna netral. Selain itu dapat pula menambahkan wallpaper sebagai dasar pada dinding sebelum memasangkan hiasan-hiasan seperti lukisan, atau ornamen-ornamen tambahan. Pemasangan wallpaper disarankan agar mendapatkan kesan mewah.

  1. Segi cahaya

Pastikan bahwa kamar tidur mendapatkan intensitas cahaya yang pas. Baik cahaya alami atau sinar matahari, maupun cahaya buatan dari lampu kamar. Untuk memilih lampu kamar,sebaiknya agar  tidak menggunakan satu lampu yang diposisikan di tengah atas, karena tata letak lampu tepat di atas akan mengganggu kualitas istirahat. Pilihlah warna lampu yang sesuai dengan kebutuhan, Anda bisa memilih warna putih atau kuning. Namun pada kamar tidur lebih dianjurkan untuk menggunakan warna lampu kuning, karena lebih nyaman untuk mata.

  1. Sirkulasi atau ruang gerak

Jangan mengabaikan ruang gerak pada kamar tidur. Berikan jarak antar barang-barang dengan cukup, agar tidak membatasi aktivitas yang dilakukan di dalamnya.

  1. Stop kontak dan saklar

Posisikan stop kontak pada kamar tidur berdekatan dengan barang-barang elektronik lainnya, agar lebih mudah dalam menggunakannya. Serta rapikan berbagai kabel fungsional yang mungkin diperlukan dalam kamar.

  1. Finishing

Tahap terakhir dari cara mendesain kamar tidur adalah dengan memberikan sentuhan akhir. Anda dapat menambahkan hiasan atau benda-benda dekoratif yang fungsionalitas,agar mempercantik suasana.

Itulah beberapa cara mendesain kamar tidur yang dapat Anda ikuti. Mulailah dengan membuat susunan rencana, agar lebih mudah dalam mengerjakannya. Pada dasarnya, ruang privasi akan menjadi sangat nyaman, jika sesuai dengan keinginan sendiri. Jangan pernah takut bereksperimen untuk menuangkan ide-ide dalam diri sendiri.

0/5 (0 Reviews)