Setiap orang tentu mengidamkan tempat tinggal yang nyaman. Namun, menciptakan hunian nyaman tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Setiap komponen penyusun rumah harus direncanakan dan diselaraskan dengan desain yang cocok. Pemilihan material-material bangunan haruslah tepat, jika lokasinya di dataran tinggi akan lebih baik menggunakan material kayu. Apabila tempatnya berada di dataran rendah sebaiknya menggunakan keramik untuk bagian lantai. Tingkat kenyamanan tempat tinggal tidak semata-mata karena lahan yang luas saja. Rumah 2 lantai di lahan sempit juga dapat menjadi rumah tinggal yang dapat memberikan rasa aman dan nyaman untuk Anda dan keluarga. Seperti apa desain yang cocok untuk rumah mungil yang sedang Anda rencanakan?

 

Rencanakan Rumah 2 Lantai di Lahan Sempit Agar Lebih Nyaman

Saat ini banyak sekali desain-desain rumah unik dan mungil yang bisa Anda jadikan sebagai referensi ketika hendak membangun rumah kecil. Semakin banyak referensi desain rumah 2 lantai di lahan sempit yang terkumpul akan memudahkan Anda dalam menentukan desain. Tingkat kenyamanan hunian keluarga untuk setiap orang adalah berbeda. Karena itulah usahakan jangan terpaku pada desain tempat tinggal orang lain. Berikut ini ada beberapa tips yang bisa diaplikasikan.

 

  1. Hunian asri

Meskipun lahan yang tersedia tidak luas, bukan berarti tidak bisa menjadi rumah 2 lantai di lahan sempit yang asri. Manfaatkan sedikit lahan kosong yang masih tersedia dengan membuat taman kecil. Pilih beberapa tanaman cantik yang Anda sukai, kemudian carilah spot yang sesuai untuk meletakkannya. Anda juga dapat memberikan kesan alami dengan memilih batu alam untuk bagian dinding.

 

  1. Hunian mungil klasik

Apabila tempat tinggal dengan desain klasik adalah hunian yang paling nyaman menurut Anda, maka berilah sentuhan klasik dalam desainnya. Kesan klasik biasanya dapat diperoleh dari material kayu dengan serat-serat unik. Rumah-rumah berbahan kayu banyak ditemukan di negara yang mempunyai empat musim seperti Jepang dan Korea.

 

  1. Minimalkan sekat antar ruangan

Rumah 2 lantai di lahan sempit bukan berarti tidak bisa terlihat luas. Anda bisa menyiasatinya dengan tidak memberikan sekat antara satu ruang dengan ruangan lainnya. Misalkan dengan menghilangkan sekat antara ruang keluarga dan dapur agar terkesan lebih luas. Menyertakan model hunian kaca bisa jadi opsi tambahan agar ruangan terlihat lebih besar. Kehadiran material kaca juga memberikan efek rumah mewah dan modern.

 

  1. Bijaksana memanfaatkan budget yang ada

Membangun sebuah tempat tinggal pasti membutuhkan dana yang besar. Anda harus memanfaatkan anggaran yang ada sebijak mungkin  supaya rumah impian dapat selesai sesuai perencanaan. Salah satu upaya yang bisa dilakukan yaitu melakukan survei ke toko-toko material terdekat untuk mengetahui harga material terbaru. Pertimbangkan juga mengenai biaya akomodasi untuk mendatangkan material, semakin dekat toko bangunan maka lebih murah biaya transportasinya. Mencari bahan-bahan material dengan kualitas yang baik serta ekonomis sangat perlu dilakukan.

 

Empat tips merencanakan rumah 2 lantai di lahan sempit di atas bisa Anda jadikan sebagai bahan pertimbangan. Pastikan perhitungan tenaga kerja dan jumlah material yang dibutuhkan ketika tahap perencanaan sudah tepat sehingga tidak ada pembengkakan anggaran yang signifikan. Tahap akhirnya adalah teliti kembali desain dan RAB yang sudah dibuat untuk memastikan tidak ada kesalahan. Jika Anda tidak tahu banyak tentang bangunan lebih baik sertakan seorang arsitek handal yang Anda percaya untuk berkontribusi.