Hiasan bunga dalam rumah dipercaya dapat menambah kenyamanan dan kecantikan sebuah ruangan. Sehingga di zaman sekarang ini, banyak orang beranggapan jika bunga hidup adalah suatu hal yang penting untuk menghidupkan suasana tempat tinggal. Agar tujuan menambah keasrian ruangan dapat terpenuhi, penting bagi Anda untuk mengetahui kecocokan tanaman dengan fungsi ruang. Banyak sekali kategori tanaman hias indoor yang dijual saat ini. Ukuran bunga hias juga berbeda-beda dari mulai ukuran mini sampai ukuran yang terbesar. Sudahkah Anda menentukan jenis tumbuhan apa saja yang akan diletakkan dalam hunian?.

 

Tanaman Hias Indoor yang Cocok untuk Ruang Tamu Anda

Setiap ruangan yang ada di rumah Anda tentu akan membutuhkan tanaman hias indoor yang berbeda. Ukuran tumbuhan hidup yang berada di ruang tamu biasanya lebih besar dibandingkan dengan kamar tidur. Faktor lainnya yang perlu dipertimbangkan adalah manfaat yang ingin didapatkan dari bunga-bunga hidup dalam rumah tinggal. Ada beberapa alasan yang menyebabkan tuan rumah memutuskan untuk merawat tanaman dalam ruang diantaranya adalah supaya udara dalam ruang lebih segar, menambah kealamian ruang, atau hanya sekadar menyukai bunga tersebut. Manfaat apa yang Anda inginkan ketika menambahkan hiasan bunga hidup dalam rumah? Tentukan pilihan Anda setelah membaca tips memilih tumbuhan berikut.

 

  1. Tanaman antiseptik di ruang tamu

Ruang tamu merupakan ruangan yang Anda desain khusus untuk tamu-tamu yang datang. Kesan nyaman dan cantik adalah hal penting untuk ditampilkan. Kurang lengkap rasanya jika dalam ruang yang satu ini tidak ada satupun hiasan bunga hidup. Hilangkan anggapan jika tanaman hias indoor hanya berfungsi sebagai pajangan saja. Tumbuhan hidup juga dapat memberikan manfaat lainnya. Tanaman lidah mertua alias snake plant mempunyai daun berwarna hijau lurus ke atas serta runcing. Jika ingin ditaruh di meja, Anda bisa memilih ukuran yang masih kecil. Sementara untuk ukuran besar bisa ditempatkan di sudut ruangan. Getah yang ada dalam daunnya merupakan obat antiseptik alami.

 

  1. Hiasan ruang tamu peace lily.

Meskipun bernama peace lily, tapi bunga hias cantik ini bukanlah berasal dari keluarga bunga lily karena ordonya berbeda. Selain membuat tampilan ruang tamu lebih menawan, tanaman hias indoor berbunga putih ini dapat melindungi Anda dari zat-zat tertentu seperti zat yang dihadirkan oleh cat dinding. Ketahannya dalam tempat sedikit cahaya adalah salah satu alasan peace lily perlu diikutsertakan dalam dekorasi hunian.

 

  1. Bunga hias penambah keceriaan

Tidak melulu sebuah ruangan harus dihiasi dengan tumbuhan hijau berbunga putih. Jika Anda menginginkan suasana berbeda seperti suasana ceria, pilihlah hiasan bunga dengan warna cerah seperti kuning. Perpaduan antara cat tembok putih dengan warna kuning akan menampilkan suasana yang bersemangat dan menarik pandangan mata. Nama lain dari bunga krisan (chrysanthemum) yaitu bunga seruni. Tumbuhan yang sering digunakan sebagai bahan tambahan aroma teh ini akan menyebarkan bau wangi yang lembut pada lingkungan sekitar.

 

Dari ketiga inspirasi tanaman hias indoor yang dijelaskan di atas. Sekarang Anda dapat dengan mudah menentukan hiasan bunga hidup yang pas untuk ruang tamu. Untuk membuat ruangan terkesan unik, tanam tumbuhan hias pada pot dengan bentuk berbeda. Walaupun tergolong tanaman-tanaman yang mampu bertahan tanpa cahaya, sebaiknya Anda perlu sesekali mengeluarkannya agar mendapat nutrisi langsung dari sinar matahari. Sebelum membeli pastikan menengok isi dompet terlebih dahulu untuk mempertimbangkan harganya.