Mempunyai rumah dengan pemandangan asri tentu akan membuat nyaman dan betah para penghuninya. Salah satu cara untuk mendapatkan suasana tersebut yaitu dengan memberikan dekorasi yang menarik pada setiap sudut rumah. Selain itu, meletakkan tanaman hias dalam rumah juga merupakan ide menarik untuk membuat tampilan ruangan lebih sedap pandang. Bukan hanya itu, keberadaan tanaman tentunya dapat membantu pergantian udara dan menambah warna pada rumah Anda.

 

5 Pilihan Tanaman Hias dalam Rumah untuk Memperindah Sudut Rumah

Jika bercocok tanam merupakan hobi Anda, manfaatkan saja kesenangan tersebut dengan mengaplikasikannya di area rumah. Dengan pengetahuan Anda tentang tanaman, Anda pasti dapat memutuskan kira-kira tanaman apa saja yang cocok untuk ditaruh dalam ruangan. Sebagai saran, pilihlah tanaman dengan ukuran yang pas dengan sudut rumah. Bukan sekedar itu saja, bentuk dari tanaman yang Anda pilih, sebaiknya juga unik, sehingga dapat memberikan kesan berbeda. Nah, berikut beberapa rekomendasi tanaman hias dalam rumah yang kiranya cocok untuk Anda pilih:

 

  1. Spider Plant

Nama latin dari tanaman ini adalah Chlorophytum comosum. Berasal dari Afrika Selatan, tanaman ini sekarang sangat mudah ditemukan di luar negara asalnya. Daunnya berbentuk ramping, panjang dan runcing dengan warna putih yang melintang di tengah-tengahnya. Jika dirawat dengan baik, tanaman ini berakar dengan cepat dan kuat. Bibitnya juga cukup mudah ditemukan dan harganya sangat terjangkau.

 

  1. Sansevieria

Salah satu tanaman hias dalam rumah yang cukup populer adalah Sansevieria. Struktur daunnya sedikit tebal, memanjang ke atas dan runcing pada ujungnya. Karena tak memerlukan intensitas air dan cahaya matahari yang banyak, maka tanaman ini dapat tumbuh dengan baik di dalam rumah. Hanya dengan menyiramnya dengan air yang cukup setiap dua kali seminggu, tanaman ini pun sudah dapat bertahan lama.

 

  1. Philodendron

Bentuk daun dari Philodendron cukup lebar dan memiliki ukuran yang bervariasi dari sedang hingga besar. Jenisnya pun bermacam-macam seperti Philodendron hederaceum, Philodendron xanadu, Philodendron selloum, dan sebagainya. Untuk merawatnya, tanaman ini sebaiknya tidak terlalu sering terkena sinar matahari langsung, karena akan membuat daunnya cepat menguning. Namun, jika kurang cahaya pun, ujung daunnya menjadi bernasib sama. Jadi, sebaiknya tempatkanlah tanaman ini di tepi jendela yang dilapisi tirai tipis agar mendapat penyinaran dari luar yang seimbang.

 

  1. Dracaena

Dracaena juga dapat menjadi pilihan tanaman hias dalam rumah yang pas untuk Anda. Tanaman ini berasalah dari Madagaskar. Getahnya sering digunakan bahan pernis. Bentuk daunnya sedikit lebar dan memanjang dengan guratan warna hijau cerah di bagian tengah. Tanaman ini juga mudah dibudidayakan dengan cara melakukan stek pada bagian batangnya. Karena tanaman ini juga tumbuh dengan cepat, Anda harus selalu memperhatikan keadaan potnya.

 

  1. English Ivy

Tanaman ini dapat Anda biakkan dengan cara menanamnya langsung di pekarangan rumah atau menggantung dalam pot. Jika ingin menaruhnya dalam pot, pilihlah pot dari plastik atau dapat juga yang terbuat dari tanah liat untuk menguatkan akar yang tumbuh atau menjaga stabilnya kelembaban tanah. Untuk tanaman ini, letakkan saja di tempat yang teduh karena akan sangat membantu pertumbuhannya. Dengan bentuk daunnya yang sangat khas membentuk segitiga, suasana rumah Anda pun akan makin menarik untuk dilihat.

 

Itulah 5 tanaman hias dalam rumah yang dapat Anda jadikan dekorasi untuk mempercantik setiap bagian ruangan. Supaya tanaman tersebut bertahan lama, tentunya perawatannya harus dilakukan secara rutin. Jika tanaman tersebut dapat tumbuh dengan baik, maka rumah pun akan terlihat semakin asri dan segar.