Lahan yang terbatas ternyata masih dapat dimanfaatkan untuk mendirikan rumah yang indah. Bermacam ide kreatif pun bisa Anda terapkan saat mendesain rumah impian. Salah satu wujudnya adalah dengan mengimplementasikan konsep rumah 2 Lantai sederhana. Model rumah ini mempunyai bentuk tinggi dan ramping. Ini merupakan sebuah cara yang tepat untuk mengatasi keterbatasan lahan sehingga rumah bisa memiliki lebih banyak ruangan.

 

5 Ide Penataan Ruangan yang Mudah untuk Rumah 2 Lantai Sederhana

Penataan setiap ruangan dalam rumah 2 lantai sederhana harus tetap mampu memberi rasa nyaman untuk para penghuninya. Lebih dari itu, Anda harus memperhatikan faktor keamanan, kepraktisan dan kebersihan juga. Pembangunan rumah pun harus memenuhi poin-poin tersebut demi menciptakan kondisi yang menyenangkan. Rumah dua lantai ini dapat diwujudkan dengan lebih kreatif tanpa melupakan konsep aslinya. Berikut ini terdapat beberapa uraian untuk memberikan kesan sederhana yang menarik pada ruangan rumah Anda:

 

  1. Berikan desain eksterior keramik dan kayu sintetis pada dinding

Seandainya rumah 2 lantai sederhana Anda menghadap langsung ke jalan, lebih baik pintu gerbang dibangun sedikit lebih tinggi untuk meningkatkan keamanan. Selanjutnya pintu dan jendela bagian depan dibuat sedikit lebih kecil supaya tidak terlalu menarik perhatian. Tampilan dinding akan terlihat semakin artistik jika Anda berikan lapisan keramik. Penambahan elemen kayu di sekitar balkon pun akan meningkatkan kesan natural pada rumah.

 

  1. Buatlah taman kecil di belakang rumah

Bangunlah halaman atau taman kecil di belakang rumah. Kemudian, tanam rumput dan letakkan bebatuan kecil pada area tersebut untuk membangun suasana asri. Karena jendela depan sudah berukuran kecil, maka jendela di belakang tentunya harus dibuat dengan ukuran lebih besar untuk memudahkan cahaya masuk ke bagian dalam rumah. Buatlah sebuah ruangan bersantai dekat dengan halaman tersebut, sehingga Anda dapat menghabiskan waktu di sana sambil memandang keindahan taman.

 

  1. Jadikan suasana di lantai pertama lebih cerah

Interior pada lantai pertama dapat diberi warna putih begitu juga dinding luar. Tujuannya agar cahaya yang masuk dapat terpantul di dinding dan plafon, sehingga setiap sudut ruangan akan terlihat semakin cerah. Lantai, meja dapur dan perabot yang lain sebaiknya memiliki warna yang selaras, sehingga suasana di ruangan ini semakin terang.

 

  1. Tampilan tangga menuju lantai atas dibuat artistik

Tangga yang menghubungkan lantai atas dan bawah sebaiknya terbuat dari elemen kayu begitu juga dengan lapisan lantai rumah. Dengan pemberian elemen ini, atmosfer mewah dan hangat pun akan terwujud. Manfaatkan ruang di bawah tangga menjadi tempat penyimpanan atau kamar mandi kecil. Pastikan ada satu jendela atau cahaya lampu di dekat tangga untuk membuat area tersebut jauh dari kesan gelap.

 

  1. Bangun interior ruang kerja yang nyaman

Menambahkan ruang kerja pada rumah 2 lantai sederhana Anda merupakan ide yang menarik. Buatlah posisi meja kerja berdekatan dengan jendela, sehingga cahaya dari luar dapat masuk dan membantu Anda saat bekerja atau membaca. Selain itu, pemandangan di luar jendela pun akan dapat membantu menyegarkan pikiran Anda kembali. Penempatan ruang kerja dapat memanfaatkan lantai dua, karena suasana di lantai tersebut kemungkinan lebih tenang dibanding lantai satu yang memiliki ruang tamu.

 

Itulah beberapa inspirasi penataan ruangan untuk rumah 2 lantai sederhana idaman Anda. Sejumlah penjabaran di atas mungkin masih dapat dikombinasikan lagi dengan ide lain yang muncul dari kreativitas Anda ataupun referensi berbagai sumber lainnya. Apabila sudah mendapat bayangan, jangan ragu ya untuk segera untuk mengaplikasikannya pada rumah Anda, sehingga tampilan hunian Anda pun akan semakin cantik.